Senin, 01 Februari 2010

Dzikir otomatis

Ada sesuatu hal yang sangat istimewa dalam dunia sufi. Yaitu apa yang disebut dengan dzikir khofi/dzikir rahasia, secara mudahnya kita sebut saja dengan dzikir otomatis. Karena memang sifatnya yang terjadi secara otomatis berbunyi sendiri di dalam hati tanpa diusahakan sama sekali oleh si empunya dzikir ini.

Dzikir otomatis adalah karunia Allah

Memang benar bahwa dzikir khofi ini adalah murni karunia, pemberian dari Allah. Sebagai wujud ganjaran dari keseriusan dalam mujahadah kepadaNya. walladziina jaahaduu fiina lanahdiyannahum subulanaa. Orang-orang yang serius mujahadah/bersungguh-sungguh kepada Kami, benar-benar Kami bimbing ke jalan-jalan Kami.

Mujahadah

Agar bisa memperoleh kemulyaan berupa anugerah dzikir otomatis ini, maka seseorang dituntut untuk berjuang/mujahadah secara intensif sehingga mencapai kehormatan ini. Barangkali bisa agak lama. Insya Allah tidak sampai setahun, karena banyak yang memperoleh hanya dalam masa beberapa bulan saja. Bahkan bisa dalam hitungan mingguan, tergantung pada niat/kesungguhan, dan kepercayaannya yang besar pada Allah dari si pelaku dzikir ini.

Nglimpruk adalah cara termudah

Ada cara yang paling mudah dan sangat ringan untuk mencapai dzikir khofi. Yaitu dengan cara melatih penyerahan total pada Allah baik tubuh fisik maupun batin, nglimpruk di hadapan Allah.
Kita tinggal berbaring/duduk dengan rileks dan kendor sekendor-kendornya. Serahkan semua organ tubuh fisik maupun batin pada Allah. Biarkan saja. Apapun yang dilakukan oleh Allah saat ini [saat latihan], terima saja 100 persen. Jangan protes sedikitpun. Katakan langsung pada Allah." Ya Allah, aku kembalikan semua bagian dari tubuhku, fisik maupun batin kepadaMu. Aku terima apapun yang Kau timpakan padaku saat ini padaku. Tanpa protes sedikitpun."
Lalu tenggelamlah dalam diam/thumakninah. Perhatikan dan rasakan apa yang ditaqdirkan, dilakukan, ditimpakan oleh Allah pada tubuh, pikiran, perasaan, tangan, kaki, dada. Dan terima semua itu. Kalau ada rasa enak, rasa melayang, rasakan itu dan nikmati. Kalau ada rasa sakit, pegal-pagal, terima itu. Katakan pada Allah langsung. Aku terima rasa tidak nyaman ini Ya Allah. Aku terima semata-mata karena Engkau. Aku ridho kepadaMu 100 persen.
Lalu tenggelamlah dalam diam, diam tafakkur/memikirkan perbuatan Allah saat ini.

Asalkan kita paham dengan tips ini. Dan mau melatih. Insya Allah, dzikir otomatis/khofi, muncul dengan sendirinya. Tepatnya dimunculkan oleh Allah. Secara tiba-tiba lisan berucap Allah, Allah,Allah dengan sendirinya. Kadang La ilaha illallah, la ilaaha illallah, la ilaha illallah. Dan seterusnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar